Tuesday, April 25, 2017

SUSAHNYA MEMAAFKAN DENGAN IKHLAS!








....potret pemimpin yang sesungguhnya....tetap melayani SEMUA walau SEMUA membenci dia....Ahok MEMAAFKAN DAN MELAYANI ORANG YANG MEMBENCI DIA DENGAN IKHLAS!! Bukankah ini cukup menjadi pembelajaran buat kita yang katanya punya agama???

Secara pribadi, belum tentu saya sendiri bisa melakukan ini....dalam pikiran saya pasti "iya saya maafkan tapi dia harus dihukum....biar singkat, pokoknya dihukum!!" ....atau...."agama saya mengajarkan bahwa kita harus memaafkan, tapi inikan masalah penghinaan, pelanggaran hukum...dlsb...dlsb...jadi ya harus tetap dihukum" .... atau.... "maaf itu beda...hukum itu beda"....atau.."itu agama saya, saya maafkan, tapi dia harus dihukum karena menghina itu kasus pidana"....dan seterusnya...dan sebagainya....

Hahahaha.....kalau seperti itu mah tidak "ikhlas"...tidak "memaafkan"....karena kalau "ikhlas memaafkan" itu TIDAK ADA IMING-IMINGNYA!! TIDAK ADA PRASYARAT...ATAU PERSYARATANNYA!! Memaafkan ya...memaafkan...kalau PAKE SYARAT...YA TIDAK MEMAAFKAN.

...yang masih belum bisa "move on" dalam kebenciannya pada pak #ahok...yuk kita belajar "ikhlas" yuuk....MAAFKANLAH MUSUHMU, KASIHANILAH DAN DOAKANLAH DIA....dan TETAP LAYANI MEREKA!! Karena kalau kebencian itu dibalas dengan kebencian...tidak selesai masalah negeri ini....


#NKRIHARGAMATI
#bhinekatunggalika
#PANCASILA

No comments:

The End of the Year

The year 2019 is coming to an end. I noticed that I have not been writing for two and half years. So, I cannot help but feeling a bit ....hm...